Tentang Kami

Profil Singkat Penerbit

IAARD Press (dibaca : iyard Press) lahir untuk memberi guna mendukung produk publikasi terbitan pertanian.

IAARD Press semula didirikan dengan basis label produk sebagai bagian dari output korporasi yaitu Badan Litbang Pertanian.

IAARD Press sampai 3 tahun pelabelannya telah menerbitkan 316 judul terbitan. IAARD Press di tahun 2017 bertekad menjadi penerbit ilmiah pertanian terakreditasi.

IAARD Press berada dibawah pengawasan pengelolaan Subbag Humas Sekretariat Badan Litbang Pertanian dan PUSTAKA sebagai Eselon II yang melaksanakan tugas dan fungsi penyebaran teknologi pertanian.


Maklumat

IAARD Press menyediakan layanan publik di bidang penerbitan ilmiah dan/atau populer pertanian dan atau materi dalam rangka penyebarluasan informasi pertanian dengan target penyelesaian per publikasi maksimal 90 hari kerja efektif. 

 

SOP Penerbitan Buku

SOP Pengelolaan / Penerbitan buku [Download]

 

Surat Keputusan

Surat Keputusan Pembentukan Tim IAARD Press [Download]


Layanan 

IAARD Press mengundang penulis potensial dibidang pertanian dari dalam dan luar institusi Kementerian Pertanian untuk menerbitkan karyanya. Khusus bagi Penulis dari Badan Litbang Pertanian dapat mengirimkan karyanya melalui email sedangkan penulis luar dapat mengirimkan karyanya dengan mendaftarkan judulnya terlebih dahulu melalui form terlampir.

Penerbitan adalah suatu rangkaian kegiatan penelaahan, penyuntingan, produksi, dan distribusi yang bertujuan untuk menambah nilai suatu naskah/artikel sehingga menjadi terbitan (baik tercetak maupun elektronik yang layak bagi pembaca sasaran.

Dalam definisi lanjutan disebutkan sebagai berikut:

Penerbitan ilmiah adalah proses yang menekankan pada aspek penyuntingan substansi melalui penilaian dan penelaahan naskah untuk menghasilkan terbitan karya tulis ilmiah sesuai dengan kaidah yang ditetapkan.

Pada definisi tersebut ada istilah substansi sebagai salah satu jenis penyuntingan/editing yang menekankan pada aspek konten/materi. Selain penyuntingan substansi, dikenal juga penyuntingan mekanis yang juga sangat penting untuk menjaga mutu terbitan. Dengan kata lain, penerbitan ilmiah sangat mengutamakan aspek editorial atau adanya manajemen editorial yang standar dan profesional sebagai implementasi dari manajemen kendali mutu.

No.

Unsur

Nilai

 1

Sistem Manajemen Mutu Penerbitan Ilmiah

37

 2

Susbtansi Ilmiah

32

 3

Konsistensi Gaya Selingkung

18

 4

Kompetensi SDM dan Infrastruktur Penerbitan

13

 

Total

100

 

Form Kontak

Silahkan isi form berikut untuk menghubungi kami.

Alamat IAARD Press

Badan Litbang Pertanian
Jalan Ragunan No.29 Pasar Minggu
Jakarta Selatan, 12540
Telp. (021) 7806202  Fax. (021) 7800644
email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
 

Social Media